Minggu, 11 Januari 2009

Media Audio Visual

PENDAHULUAN

Oleh : Naroh

Balai Produksi Bahan Pelatihan Audio Visual / BPBPAV adalah suatu UPT/Unit Pelaksana Teknis bidang produksi audio visual, yang berada langsung di bawah Pusdiklat Pegawai, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah. 
BPBPAV didirikan sejak 1989 berdasarkan SK Menteri Pekerjaan Umum Nomor: 24/KPTS/1989 dan diperbarui melalui SK Menteri Kimpraswil Nomor: 399/KPTS/M/2001 dengan Tugas Pokok & Fungsi, memproduksi bahan pendidikan dan pelatihan, penyuluhan dengan media Audio Visual (Video), serta melakukan desiminasi. 
Dengan berlandaskan Tupoksi dan jaminan kualitas SDM yang dimiliki, serta dukungan peralatan maupun sarana prasarana yang ada, BPBPAV siap membantu memenuhi berbagai kepentingan, baik untuk lingkungan internal Departemen Kimpraswil, maupun berbagai instansi external lainnya, seperti Pemerintahan Propinsi, Kabupaten / Kota, Proyek-proyek, BUMN, BUMD, Organisasi Sosial, Perusahaan Swasta maupun Perorangan. 
  
BERBAGAI JENIS LAYANAN
AUDIO VISUAL

A.Layanan Produksi Program Audio Visual/Video 
BPBPAV siap memberikan layanan jasa produksi materi audio visual/ video dalam berbagai format produksi maupun penyajian: 
Format produksi: dokumentasi, bahan expose, instruksional/ pembelajaran, company profile, presentasi, launching, informasi pembangunan, dan lain sebagainya. 
Format penyajian: naratif, presenter, sosio drama, majalah udara, dialog, fragmen, diskusi, simulasi, manasuka, dsb. 


Editing Computer  

Editing Analog   


Kegiatan Shooting  

Studio Rekaman Audio


Dalam kegiatan produksi BPBPAV menggunakan peralatan shooting yang memadai (digital & analog), dan fasilitas studio besar untuk in door shooting / peragaan yang dilengkapi teknik blue screen, studio rekaman suara, studio grafis animasi, studio editing / mixing, dan studio presentasi. Didukung pula oleh tenaga-tenaga ahli dan berpengalaman, antara lain: Skenaris, Sutradara, Kamerawan, serta Kerabat Produksi yang terampil, handal dan profesional dibidangnya masing-masing.  
B.Layanan Pembelajaran dan Pelatihan Audio Visual 
Selain memberi layanan jasa produksi materi audio visual, BPBPAV juga menyelenggarakan program / kursus pembelajaran dan pelatihan audio visual yang meliputi: 
a)Produksi Audio Visual / Video 
1)Penulisan naskah / skenario 
2)Penyutradaraan, dan 
3)Teknik pengoperasian Camera 
4)Editing Computer dan Analog 
5)Grafis Animasi 
b)Fotography 
1)Teknik pengoperasian Still Camera 
2)Proses Kamar Gelap  
Program ini didukung oleh para Instruktur / Praktisi berpengalaman dibidang produksi audio visual (TVRI, LPKJ, TKPK) dan di lengkapi dengan penyediaan berbagai peralatan praktek untuk kegiatan shooting, editing/mixing, rekaman audio, sound effect, ilustrasi musik maupun fasilitas ruang kelas yang representatif. 

Pemilihan Musik & SE

Praktek Shooting


Praktek Editing

Ruang Seminar


C.Layanan Sarana Prasarana dan Kerjasama Pelatihan Audio Visual
a)Layanan Sarana Prasarana 
Dengan sarana dan prasarana yang dimiliki BPBPAV juga melayani kerjasama dalam penyelenggaraan kegiatan pendidikan dan pelatihan dengan berbagai pihak, baik dari Instansi Pemerintah maupun Swasta. Untuk keperluan jenis layanan ini BPBPAV telah memiliki ruang kelas, asrama, ruang makan, dan ruang Seminar yang cukup representative dan full Air Condition. 
b)Layanan Kerjasama Pelatihan Audio Visual 
BPBPAV juga siap melayani kerjasama pelatihan seluas-luasnya bagi khalayak/masyarakat ilmiah, seperti Civitas Academica / Perguruan Tinggi, SMU / SMK, Instansi Pemerintah, Swasta, Production House, untuk menciptakan pengembangan teknologi audio visual yang saling memberikan nilai tambah. 
c)Layanan Kerjasama Pelatihan Audio Visual 
BPBPAV juga siap melayani kerjasama pelatihan seluas-luasnya bagi khalayak / masyarakat ilmiah, seperti Civitas Academica / Perguruan Tinggi, SMU / SMK, Instansi Pemerintah, Swasta, Production House, untuk menciptakan pengembangan teknologi audio visual yang saling memberikan nilai tambah. 
DAFTAR PUSTAKA


Jonathan Zeitlyn, 1995. Appropriate Media for training and development. TOOL Publication, Netherlands UPL Universitas Press Ltd. Dhaka. 

Studio Driya Media, 1998. Panduan Pengembangan Media Komunikasi. Studio Driya Media Bandung. 

Yandi Bachli, 1999. Media Penyuluhan Pertanian. Diklat APP-GOWA. 

Yurnaldi, Kiat Praktis Jurnalistik, Angkasa Raya Padang 1992. 

Fred Wibowo, 1997. Dasar-Dasar Produksi Program Televisi. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta. 

Hudoro Sameto, MBA, 2000., Cara Berbicara dan Presentasi dengan Audio – Visual. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. 

Studio Audio Visual Puskat, 1988. Mempergunakan Alat Foto Secara Kreatif. Studio Audio Visual Puskat, Yogyakarta. 

DELIVERI Project, 2000. Laporan Pelatihan Pengembangan Media Bagi Staf Dinas Peternakan (Propinsi dan Kabupaten). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar